Sunday, February 12, 2017

Menulis Menurut Beberapa Pakar

Karya Ilmiah "SKRIPSI"


Bicara masalah Karya Ilmiah tentu tidak lepas dengan metode dalam penyusunan sebuah karya ilmiah dan juag tidk lepas dari kata "menulis". Ada empat aspek bahasa Indonesia yaitu; Membaca, Berbicara, Menulis, Memyimak.

Pembahasan yang utama adalah menulis. Menulis adalah mengungkapkan gagasan pikiran dan perasaan dalam bentuk kata secara tertulis dengan aturan serta kaedah penulisan yang benar dan menyampaikan informasi kepada pembaca sehingga makna dan tujuan penulis dapat diketahui. Ada beberapa pendapat mengenai pengetian menulis dan uraian tetang menulis.


1.      Pengertian Menulis
Menulis merupakan suatu keterampilan berbahasa yang dipergunakan untuk berkomunikasi secara tidak langsung, tidak secara tatap muka dengan orang lain. Menulis merupakan suatu kegiatan yang produktif dan ekspresif. Keterampilan menulis tidak hanya datang secara otomatis, melainkan harus melalui latihan dan praktek yang banyak dan teratur (Tarigan,2015:4).
    Menulis adalah menurunkan atau melukiskan lambang-lambang grafik yang menggambarkan suatu bahasa yang dipahami oleh seseorang, sehingga orang lain dapat membaca lambang-lambang grafik tersebut, kalau mereka memahami bahasa dan gambaran grafik itu. Menulis merupakan suatu representasi bagian dari kesatuan-kesatuan ekspresi bahasa. Menulis berarti melahirkan atau mengungkapkan pikiran dan atau perasaan melalui suatu lambang (tulisan) (Musaba. 2011:3).
Menulis didefinisikan sebagai suatu kegiatan penyampaian pesan (komunikasi) dengan menggunakan bahasa tulis sebagai alat atau medianya. Pesan adalah isi atau muatan yang terkandung didalam suatu tulisan. Tulisan merupakan sebuah symbol atau lambang bahasa yang dapat dilihat dan disepakati pemakainya.
2.      Tujuan Menulis
Secara garis besar, penulis dengan tulisannya berupaya untuk memberikan atau menyampaikan segala bentuk dan macam informasi kepada pembaca. Tentu saja penulis dengan karyanya ini berharap agar pembaca menerima semua yang diungkapkannya sebagai masukan yang berharga. Setiap jenis tulisan mengandung beberapa tujuan. Dan tujuan itu menjadi pegangan bagi para penulis untuk memulai tulisannya. Setiap penulis tidak hanya diharuskan memilih suatu pokok pembicaraan yang cocok dan serasi, tetapi juga harus menentukan apa maksud tujuannya. Menulis sangat penting bagi pendidikan karena memudahkan para pelajar berpikir (Musaba, 2011:4).
Beberapa tujuan menulis adalah:
a.       Untuk memberikan suatu informasi
b.      Untuk meyakinkan atau mendesak
c.       Untuk menghibur atau menyenangkan
d.      Untuk mengekspresikan perasaan dan emosi yang kuat

3.      Fungsi Menulis
Fungsi dari sebuah tulisan adalah sebagai alat komunikasi yang tidak langsung. Menulis sangat penting bagi pendidikan karena memudahkan para pelajar berpikir. Menulis juga dapat membantu kita merasakan dan menikmati hubungan-hubungan, memperdalam daya tangkap atau persepsi kita, memecahkan masalah-masalah yang dihadapi, menyusun urutan bagi pengalaman. Tulisan dapat membantu menjelaskan pikiran-pikiran kita. Tidak jarang kita pikirkan dan rasakan mengenai orang-orang, gagasan. Gagasan, masalah-masalah, dan kejadian-kejadian yang hanya dalam proses menulis yang actual. Secara singkat dapat dikatakan bahwa belajar menulis adalah belajar berpikir (Tarigan, 2015:22).
 

No comments:

Post a Comment